Friday, August 6, 2010

Wow! Jembatan Tua Di Lelang 20 Milyar!


Sebuah jembatan tua di Kota London, Inggris, ditawarkan kepada pembeli. Swinford Toll Bridge yang berusia 242 tahun dilelang dengan patokan harga 1 juta Poundsterling - 1,25 juta Poundsterling (sekitar Rp16 miliar - Rp20 miliar).

Rumah lelang Allsop akan menawarkan jembatan itu Kamis ini (3/12). Rumah lelang tersebut mengatakan, para peminatnya luar biasa. Para pembeli potensial itu datang dari seluruh dunia, seperti Australia, AS, Eropa, dan Jamaika. ''Ini peluang yang unik untuk membeli sebuah investasi yang menghasilkan dan tak kena pajak,'' kata Neil Mackilligin, senior partner Allsop. Dia berharap, perusahaannya mendapatkan harga yang bagus untuk lelang jembatan tol tersebut.

Dibangun pada 1767, jembatan yang terbuat dari batu itu merupakan penghubung menuju Oxford, kota tempat sebuah perguruan tinggi (universitas) terkenal di Inggris. Tetapi, jembatan itu memicu emosi para pemilik kendaraan. Untuk melintasi, mereka harus membayar tarif (tol). Mobil dikenai tarif 5 penny (sekitar Rp800). Akibatnya, dalam setahun, jembatan itu dilewati tak sampai empat juta kendaraan.

Pengguna jalan menuntut agar tarif tol yang dikenakan seabad lebih itu diakhiri. ''Itu perampokan,'' kecam Jane Tomlinson, seniman lokal yang sangat gencar mengampanyekan penghentian tarif jembatan.

Tomlinson berharap, pemerintah setempat, Dewan Kota Oxfordshire, bersedia membeli jembatan yang berada di dekat Desa Eynsham itu. Keluhan pengguna jalan pun bisa diselesaikan. ''Tetapi, agaknya itu tak mungkin terjadi. Saya rasa, dewan kota tidak akan membeli jembatan itu,'' kata Tomlinson. Dewan kota menolak berkomentar soal usul pembelian jembatan.

No comments:

Post a Comment