Friday, November 19, 2010

Tarian untuk Melawan Penyakit

img

Jenis tarian tertentu seperti tango, salsa, tari perut (belly dance) dan beberapa tarian lain tidak hanya berguna membakar kalori, karena tarian ini bisa membuat seseorang hidup lebih lama dan terbebas dari penyakit tertentu.

Menari bisa jadi merupakan salah satu kegiatan fisik yang banyak disukai oleh masyarakat. Selain menyenangkan, menari juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Seperti dikutip dari The Sun, Jumat (19/11/2010) ada manfaat kesehatan yang didapat dari jenis tarian berikut:

1. Tarian Salsa bisa melawan depresi
Studi di University of Derby pada tahun 2007 menunjukkan seseorang yang belajar salsa bisa membantunya melawan depresi.

Peneliti mengungkapkan bahwa menari bisa memicu pelepasan hormon bahagia di otak serta membantu meningkatkan konsentrasi dan harga diri. Selain itu salsa juga sangat baik membantu mobilitas punggung bagian bawah.

2. Tarian Country bisa menguatkan tulang
Studi yang dilakukan Glasgow Caledonian University tahun lalu menunjukkan tarian country asal Skotlandia dapat membantu kepadatan tulang. Gaya dari tarian ini bisa memberikan kekuatan pada pergelangan kaki, stabilitas dan keseimbangan.

3. Tarian Tango bisa meningkatkan keseimbangan tubuh
Peneliti di Washington University menemukan tarian ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan mobilitas pasien dengan penyakit Parkinson, yaitu kondisi progresif dari gangguan saraf.

Gerakan berbalik dan berjalan mundur sangat relevan untuk orang dengan kondisi tersebut. Tango juga membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.

4. Tarian Foxtrot bisa menunda dementia
Peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York menuturkan orang tua yang terlibat menari ini dapat memiliki penurunan risiko terkena penyakit Alzheimer dan membuat tubuh bugar yang memberikan perlindungan terhadap penyakit.

5. Tari Perut (belly dance) bisa meningkatkan stamina seksual
Tari perut bisa membantu memperkuat otot perut dan dasar panggul perempuan. Hal ini bisa membantu meningkatkan sensitivitas dan orgasme selama berhubungan seks.

Serta mengurangi masalah perempuan seperti pengendalian kandung kemih, terutama setelah melahirkan. Tarian ini juga membuat perut rata, memperkuat otot lengan dan punggung secara efektif.

6. Tarian Jive bisa mencegah diabetes
Jive merupakan salah satu latihan kardiovaskuler yang paling baik dengan fokus pada mobilitas kaki, dan tarian ini bisa membuat seseorang berkeringat.

Seperti diketahui tubuh yang berkeringat akan membantu menurunkan berat badan sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2.

No comments:

Post a Comment