Friday, August 27, 2010

HEBOH!! Gunung Sinabung di Medan Keluarkan Asap


Gunung Sinabung dengan ketinggian 2.460 meter dari permukaan laut yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengeluarkan asap tebal. Aktivitas vulkanik gunung yang berjarak 86 kilo meter dari Medan ini meningkat sejak sore tadi.

Gunung yang berada di Desa Kuta Gugung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu, sedang mengalami peningkatan aktivitas vulkanik.

Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Hendra Suwarta mengatakan, pihaknya memang mendapat informasi dari warga mengenai adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung.

Tetapi, BMKG tidak bisa memantau aktivitas vulaknik karena alat yang dimiliki hanya memantau gempa. Alat itu dipasang di Gunung Sibayak yang juga berada di Kabupaten Karo.

"Sementara ini, dari alat pemantau tidak ada gempa," kata Hendra. Berdasarkan informasi yang didapat BMKG, Gunung Sinabung mengeluarkan asap tebal sejak pukul 18.00 WIB.

Selain itu, berdasarkan informasi dari warga, tanah di kawasan itu juga ditutupi serbuk putih yang diduga berasal dari gunung. Hendra kembali memastikan, jika Gunung meletus akan menimbulkan getaran berupa gempa. Namun, hingga tadi malam, alat yang dimiliki BMKG tidak ada mencatat adanya gempa di Gunung Sinabung. (h

No comments:

Post a Comment