Saturday, August 21, 2010

Telur Asin Ala China Yang Kelihatan Aneh

Walaupun warnanya yang hitam dan seperti telur busuk, ternyata telur asin asal China ini banyak disukai orang. Telur asin ini kalau dilihat sepintas sech memang seperti telur busuk, tapi sebenarnya kalau dilihat dibawah sinar cahaya matahari ataupun lampu bentuknya bagus banget lho, tembus pandang dan berbunga-bunga gitu. Bagi yang penasaran dan mau cobain, biasanya tersedia di pasar atau tempat dim-sum (dim sum yg agak besar). Bilang saja mau beli phi-tan. Tapi rasa nya ditanggung sendiri ya kalau tidak enak.

Bagi orang-orang Chinese, mungkin makanan ini sudah tidak asing bagi mereka. Bahkan Telur ini sangat terkenal di restoran-restoran oriental. Telur Asin Versi China ini lebih dikenal dengan sebutan Phi-Tan. Ada yang namanya bubur Phi-Tan. Telur ini sudah terkenal di seantero dunia. Kalau boleh dibilang, dimana ada orang Chinese, maka ada lah telur ini. Telur ini juga banyak di jual di supermarket-supermarket oriental di Amerika.

Ada cerita lucu (kisah nyata lho)...teman penulis (sang istri) kawin dengan seorang Chinese Totok (suami) dan mereka hidup (pada waktu itu) dalam keadaan seba pas-pasan di rumah sederhana mereka. Suatu hari suaminya membawa pulang telur asin ini sebagai lauk. Akibatnya? Suami-istri tersebut terlibat dalam pertengkaran besar karena istriya memarahi habis-habisan suami nya kalau duit mereka yang terakhir dibelikan telur asin yang sudah 'BUSUK'. Sang istri mengira telur tersebut adalah telur busuk karena dia sama sekali tidak pernah melihat telur asin yang seperti ini. Dijelasin oleh suaminya kalau itu adalah telur asin, malah istrinya tidak percaya dan merasa di-bodohi oleh suaminya. Dikirain suaminya itu sudah salah, tapi tetap ga mau ngaku. Mungkin sang istri mikir, masak kita harus sampai jual rumah sech untuk makan? haha

telor asin phi-tan


telur asin phi-tan


phi-tan

telur asin dari china

telor asin phi-tan seperti busuk

No comments:

Post a Comment